TIPS JALAN-JALAN KE SINGAPURA



Tips mudah jalan-jalan ke malaysia:




Semenjak banyak sekali penawaran tiket murah ke Singapura (khususnya dari Surabaya yang biasanya jarang) begitu banyak orang Indonesia yang berkunjung ke negara tersebut. Negara yang dulunya hanya bisa disinggahi oleh orang-orang berduit dengan tujuan utamanya adalah belanja. Dan sekarang ada banyak sekali alasan dan tujuan ketika bertandang ke Singapura. Tidak hanya orang berduit saja. Siapapun bisa....

Sebelumnya aku ulas tentang tips prediksi sgp  hemat murah meriah disini dari dimana aku bisa dapetin tiket murah sampai penginapan dan makanan minuman murah di Singapura. Kali ini yang aku bahas adalah tips untuk kalian yang baru pertama kali ke Singapura, sendirian, tanpa travel agent, dan anti nyasar. Hahahahaha ini tips berdasarkan pengalaman dari aku sendiri ketika pertama kalinya mengunjungi negara tersebut.

1. Tiket Pulang-Pergi (return)

Wajib yang namanya punya return ticket karena pada saat kita check in, kita harus menunjukkan tiket kepulangan kita kepada petugas check in. Dan mereka juga biasanya akan menanyakannya. Begitupun ketika di immigration check Indonesia maupun Singapura juga akan menanyakan tiket kepulangan kita. Tujuannya adalah mereka takut bahwa kedatangan kita ke Singapura untuk mencari pekerjaan secara ilegal.

2. Bea Cukai / Baggage check di Indonesia
Jangan bawa apapun yang berbau liquid dalam kemasan besar misalnya parfum, make up kit, botol minum, dll. Pengalaman aku bawa facewash ukuran 250 ml dan masuk ke tong sampah gitu aja karena not allowed for cabin baggage dan tiket yang aku beli promo rata-rata tanpa bagasi kargo. Jadi harus terima untuk dibuang atau disita (tanpa dikembalikan).
Saran aku untuk kalian yang gak punya bagasi cargo adalah belilah make up kit travel size for flight dalam wadah transparan, yang biasanya isinya hanya untuk beberapa ml saja, dan pindahkan semua make up kalian ke wadah travel size tersebut.
Rokok yang akan kalian bawa diijinkan untuk masuk Singapura, hanya saja sebatas 2 sampai 3 pack saja. Bukan beberapa slot, karena petugas bea cukai akan menyitanya atau kalian harus membayar tax sesuai yang Indonesia atau Singapura tentukan berapa besarannya. Kalian akan dikira buka lapak di Singapura 😀

3. Tissue basah untuk toilet di Singapura dan pengeluaran sgp
Bagi toilet user seperti aku yang biasa memakai air untuk (maaf) cebok, tissue basah sangat membantu sekali. Selain tissue yang sudah dalam keadaan basah, juga wangi, menurut aku praktis ketimbang tissue kering. Percaya deh, di penjuru Singapura rata-rata tidak ada yang namanya jetwash di closetnya 😢, yang ada hanya tissue kering dan aku sendiri gak bisa membayangkan yang namanya setelah BAB hanya diusap pakai tissue. Kalau si ceking sih waktu itu kemana mana bawa botol kosong yang di refil di wastafel terus difungsikan buat cebok. Hahahahahaha trust me, itu ribet !!!


4. Isi kartu kedatangan (embarkation card)
Bagi yang pernah ke Malaysia mungkin di bagian imigrasi tidak seribet ketika memasuki Singapura dimana harus mengisi embarkation card selengkap-lengkapnya. Kalo gak lengkap ya balik ke stand pengisian terus di isi lagi sampe lengkap. Gak usah takut salah ngisi karena di dinding sudah ada panduannya. Ada juga panduan yang pakai bahasa indonesia kok.

Letak stand pengisiannya ada di sebelah kanan sebelum memasuki immigration counter. Setahu aku di terminal pengeluaran sgp 1 2 dan 3 sama saja untuk letak stand pengisian embarkation card.

Comments